11 Buah yang Mengandung Vitamin A tinggi dan Manfaatnya - RAMUAN WARAS CANTIK
Loading...

11 Buah yang Mengandung Vitamin A tinggi dan Manfaatnya

Loading...
Loading...
Daftar buah yang mengandung vitamin A tinggi dan manfaatnya. Vitamin A memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, Diantara manfaat dan khasiat vitamin A yaitu menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, membantu pertumbuhan embrio dan janin pada ibu hamil, dan mempercepat penyembuhan luka. Vitamin A bisa didapatkan dari buah-buahan dan jenis makanan lainnya. Contoh buah buahan yg mengandung vitamin A antara lain, buah pepaya dan melon  dan lainnya. Selain pada buah pepaya dan melon, vitamin A juga bisa Anda temukan pada sayuran seperti wortel dan bayam.

Akibat Kekurangan Vitamin A

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A sangat dianjurkan, dengan mencukupi asupan vitamin A per hari mampu mencegah masalah kesehatan. Jika pemenuhan asupan  vitamin A kurang setiap hari maka seseorang akan berisiko terserang beberapa penyakit. akibat kekurangan vitamin A mengakibatkan gangguan mata, seperti mata kering dan kelainan selaput bening mata. Selain itu, sulit sembuh pada luka kulit, penyakit pencernaan seperti infeksi kandung kemih, dan gangguan pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak. Untuk mencegah kekurangan vitamin A, maka perlu menjaga dan memperhatikan asupan vitamin A setiap hari.

Memang vitamin A tidak hanya didapatkan hanya dengan mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin A tinggi saja. Dengan mengkonsumsi  sayuran seperti bayam, cabai merah, wortel dan tomat setiap hari akan mencukupi kebutuhan vitamin A yang diperlukan oleh tubuh. Nah, agar lebih jelasnya tentang manfaat vitamin A dan jenis buah yang mengandung vitamin A tinggi. Berikut ini penjelasannya.

Jenis Makanan dan Buah yang Mengandung Vitamin A Tinggi serta Manfaatnya


Tidak hanya pada buah saja, ada jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi yang baik untuk Anda konsumsi. Dengan mengkonsumsi makanan dan buah yang mengandung vitamin A tinggi maka akan menyehatkan. Berikut ini khasiat dan manfaat vitamin A bagi tubuh Anda.

  • Vitamin A dapat membantu Anda menurunkan risiko terkena penyakit kanker, Memperkuat sistem imunitas tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai penyakit.
  • Vitamin A juga dapat mencegah terserang penyakit pilek atau flu
  • Membantu menyalurkan obyek yang diterima oleh retina mata ke otak sehingga mampu meningkatkan daya lihat yang bagus pada mata
  • Dengan mengkonsumsi makanan dan  buah yang mengandung vitamin A melawan kanker dan menekan pertumbuhan DNA dalam sel kanker. selain itu mampu menunjang pertumbuhan tulang dan gigi, dan mempercepat penyembuhan luka pada kulit.

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat vitamin A, maka Anda perlu mengetahui cara mendapatkannya. Cara memenuhi atau mendapatkan vitamin A cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan buah-buahan secara teratur setiap hari. Dan berikut ini adalah makanan dan buah yang mengandung vitamin A, yaitu:

1. Pepaya

Buah Pepaya juga merupakan jenis buah yang mengandung vitamin A tinggi. Selain vitamin A.Pada setiap 100 gram pepaya memiliki 276 mg vitamin A. Manfaat pepaya sangat membantu tubuh dalam memecah lemak jahat dalam tubuh dan mampu mengatasi susah buang air besar atau sembelit. Dengan mengkonsumsinya secara rutin buah pepaya juga akan membantu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah Pepaya per hari maka akan dapat memenuhi kebutuhan vitamin A.

2. Pisang

Buah pisang merupakan buah yang mengandung vitamin A tinggi. Dengan mengkonsumsinya setelah makan sebagai buah pencuci mulut maka Anda secara tidak langsung memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A tersebut. Pisang berguna juga untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit liver dan diabetes

3. Cabe Merah

Cabe merah merupakan jenis sayuran atau tanaman yang mengandung vitamin A. Rasanya yang pedas sering digunakan sebagai bumbu masakan. Bumbu dapur ini ternyata memiliki kandungan vitamin A tinggi. Hal ini terbukti dengan orang yang menyukai makanan pedas penglihatannya jauh lebih baik dibandingkan yang tidak.

4. Bayam

Bayam termasuk sayuran  yang mengandung vitamin A tinggi. Bahkan kandungan vitamin A nya melebihi pada sayur wortel. Selain itu bayam juga mengandung zat besi yang bisa membantu penderita kurang darah, dengan mengkonsumsi satu mangkuk bayam akan mencukupi kebutuhan vitamin A per hari yaitu 48 persen.

5. Belimbing

Belimbing merupakan buah yang terkenal, hampir setiap orang mengetahui buah ini. Ternyata buah belimbing juga termasuk buah yang mengandung vitamin A tinggi. Kandungannya per 100 gram belimbing terdapat 61 IU vitamin A. Mengkonsumsi belimbing dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan luka pada kulit seperti tergores atau tersayat.

6. Melon

Buah Melon merupakan buah yang mengandung vitamin A tinggi seperti pada belimbing. Bahkan kandungan vitamin A nya sangat tinggi dibandingkan pada buah belimbing, yaitu setiap 100 gram nya terdapat 642 mg, Maka tak mengherankan melon memiliki kandungan antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dan mencegah risiko terkena penyakit jantung dan kanker.

7. Wortel

Jenis sayuran  ini tentu tidak asing bagi masyarakat indonesia. Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A nya yang membantu pada kesehatan mata. Selain baik untuk mata, ternyata manfaat wortel bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat haid atau menstruasi wanita. Mak jika Anda sedang haid dianjurkan banyak mengkonsumsi wortel ini.

8. Buah Naga

Buah naga memang memiliki harga yang mahal dari jenis buah yang mengandung vitamin A lainnya seperti pepaya atau pisang. Namun buah naga ini memang banyak mengandung vitamin A. Maka meskipun cukup mahal namun dengan kandungan vitamin A yang cukup tinggi akan terasa murah. Bahkan sebagian orang menyebut buah naga ini sebagai buah orang kaya.

8. Tomat

Tomat merupakan jenis buah yang mengandung vitamin A tinggi. Selain itu, Tomat juga mengandung vitamin D. Dengan mengkonsumsi tomat mentah atau yang diolah menjadi makanan saji maka akan memenuhi kebutuhan vitamin A dan D setiap hari. Selain itu, tomat juga memiliki kandungan nutrisi yang vitamin Lainnya yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

9. Sereal

Makanan yang mengandung vitamin A tinggi adalah sereal. Namun tidak semua produk sereal di pasaran mengandung vitamin A, oleh karena itu sebelum membelinya sebaiknya Anda lihat label komposisi bahan sereal tersebut.Sereal yang banyak mengandung vitamin A adalah sereal yang dari bahan jagung dan gandum.

10. Olahan susu dan Hati Sapi

Keduanya merupakan makanan sumber vitamin A yang baik dan tinggi. Olahan susu yang memiliki kandungan vitamin A yang bagus adalah keju. Selain olahan susu, hati sapi juga merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin A tinggi, Bahkan kandungan vitamin A pada 100 gram hati sapi mengandung lebih dari 250 persen adalah kandungan Vitamin A

11. Umbi-Umbian

Jenis tanaman umbi-umbian merupakan tanaman atau makanan yang mengandung vitamin A. Maka dengan mengkonsumsinya akan memenuhi kebutuhan asupan vitamin A per hari. Jenis umbi-umbian yang mengandung banyak vitamin A antara lain ubi jalar, ubi rambat dan lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang makanan dan buah yang mengandung vitamin A tinggi lengkap dengan khasiat dan manfaatnya dan akibat kekurangan vitamin A. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Loading...

Belum ada Komentar untuk "11 Buah yang Mengandung Vitamin A tinggi dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel